11 March 2012

Aku Memang Tidak Seperti Mantanmu

Bianca menatap jam tangannya berkali-kali. Detak dari jam yang melingkar manis dipergelangan tangannya sejak tadi terus menemani kesediriannya. Wajahnya cemas, bibirnya terkunci rapat, jemari tangan kirinya mengisi celah-celah kecil jemari tangan kanannya. Sesekali ia menyilangkan tangan di dadanya, ia merasa kedinginan. Bianca kembali menatap jarum jam,  setelah itu ia memerhatikan awan yang semakin gelap dan rintik hujan yang semakin deras, wajahnya cemasnya semakin terlihat jelas.

“Kevin belum juga pulang.” ucapnya perlahan dalam hati.

Disentuhnya plastik berisi dua bungkus nasi goreng yang ia beli di sebuah kedai makan mungil di ujung jalan, makanan itu sudah dingin, tak lagi hangat seperti awal ia datang ke tempat kost Kevin. Dua jam sudah ia menunggu, sementara Kevin tak kunjung pulang. Kevin juga tak membalas pesan singkat yang dikirim Bianca untuknya. Hujan semakin deras, Bianca semakin cemas. Bianca tetap saja melihat handphone-nya, meskipun tak ada satu pesan pun dari Kevin, meskipun Kevin tak kunjung memberi kabar.

Terdengar derap suara mobil dari luar pagar, seseorang keluar dari mobil itu. Pria itu berlari-lari kecil lalu membuka pagar, kini pria itu berdiri tepat di depan Bianca. Bianca tersenyum lega.

“Kamu baru pulang? Sama siapa? Kehujanan ya?” tanya Bianca, masih dibalut wajah cemasnya.

“Kamu ngapain di sini sih?!” ujar Kevin setengah membentak.

“Aku mau bawain kamu nasi goreng. Kemarin, kamu sms ke aku katanya lagi pengen nasi goreng yang di ujung jalan itu, jadi aku beliin aja. Dimakan ya?” jelas Bianca dengan simpul senyum kecil bibirnya.

Kevin mengalihkan pandangannya, ia tak mau menatap Bianca, “Cewe bego! Pulang lo! Udah malem! Hujan juga kan!” bentaknya dengan nada tinggi.

Bianca hanya menatap sosok Kevin dengan wajah bingung, bentakan keras Kevin membuatnya mundur satu langkah dari posisi ia berdiri diawal.

“Tadi kamu pulang sama siapa?” tanya Bianca menahan rasa sedihnya.

“Sama mantanku, kenapa? Eh, aku heran deh sama kamu, seneng banget nungguin aku, kayak mantanku dong, orangnya enggak suka nunggu, kecuali kalau diminta!” jawab Kevin enteng, dengan wajah seakan-akan ia tak menyakiti hati Bianca.

“Oh…” ungkap Bianca menahan amarah. “Syukurlah kalau kamu bisa pulang sama dia, kamu juga enggak terlalu kehujanan. Ini nasi gorengnya, kamu makan ya. Aku mau pulang dulu.”

“Bawa aja nasi gorengnya, aku tadi udah makan kok sama dia.” tungkas Kevin dengan nada enteng.

“Enggak usah, kamu bawa aja. Aku pulang ya. Nanti langsung mandi dan keramas habis itu minum teh hangat supaya kamu enggak kedinginan.”  tegas Bianca sambil menatap wajah Kevin dengan penuh perhatian.

Kevin tetap membuang muka, sesekali Kevin menatap Bianca. Pandangannya mencuri-curi celah untuk menatap Bianca. Tapi, tetap saja dari raut wajahnya terlihat jelas bahwa Kevin tak peduli dengan Bianca. Kevin tak peduli dan tak mau tahu rasa khawatir yang Bianca simpan dalam-dalam. Padahal, rasa khawatir adalah wujud dari rasa cinta dan perhatian. Perhatian yang diabaikan layaknya rasa sakit yang diam-diam menghujam. Itulah yang dirasakan Bianca. Ia pulang dengan rasa hampa. Ia pulang dengan gerimis kecil dimatanya, gerimis itu bernama air mata.

***

Suara mahasiswa yang berdengung membuat Bianca pusing tujuh keliling. Bianca adalah wanita plegmatis yang kadang membenci keramaian. Ia hanya duduk sendirian, merasakan angin genit yang bermain dengan rambut hitamnya. Kevin berjalan di depannya namun Kevin peduli, tak mau menatap sosok Bianca yang menunggunya sejak tadi.

Bianca terbangun dari bangkunya, ia berlari-lari kecil mengejar sosok Kevin, “Kamu kenapa akhir-akhir ini cuek banget?”

Kevin mengarahkan pandangannya pada Bianca, “Emang kenapa? Kamu kan cuma pacarku bukan istriku, salahku kalau nyuekin kamu?”

Bianca mengehentikan langkahnya, ia tertunduk seusai mendengar ucapan yang terlontar begitu saja dari bibir Kevin, “Kapan kamu menghargai aku sebagai sosok yang penting dalam hidupmu?”

“Kapan? Kenapa bertanya? Bukankah aku selalu menghargai kamu?” tanya Kevin dengan nada keheranan.

“Padahal, apa yang tidak kuketahui tentangmu? Semua hal tentangmu tak pernah kecil di mataku. Aku selalu menghargai kamu, menghormati posisimu, dan masih memperlakukanmu dengan baik meskipun kadang kautak menghargai aku.” jelas Bianca dengan matanya yang mulai berair.

“Wanita bodoh! Jangan jadikan air matamu sebagai senjata pamungkasmu! Kamu cengeng, kamu berbeda dengan mantanku. Dia jauh lebih kuat daripada kamu!” tungkas Kevin dengan nada tinggi.

“Ya… aku memang tidak seperti mantanmu. Aku memang tidak secantik dan setegar dia. Aku memang tidak secerdas dan semandiri dia. Aku jelas-jelas tak luar biasa seperti dia. Tapi, dia hanya masa lalumu, sedangkan aku adalah masa kini yang mungkin akan kaubawa ke masa depanmu!” Bianca menatap Kevin dengan tatapan serius. Tak pernah Kevin melihat Bianca sekeras dan seberani itu.

“Kamu memang tidak seperti mantanku.” ucap Kevin singkat.

“Aku memang tidak seperti mantanmu. Aku adalah aku, yang akan luar biasa dengan jalan dan pilihanku sendiri. Kenyataannya kamu memang tidak bisa melupakan mantanmu dan masa lalumu.” ujar Bianca memicingkan mata, tatapannya tajam menatap Kevin.

“Bukan urusanmu!”

“Dan, aku sangat kecewa pada diriku sendiri, kenapa aku sulit membuatmu lupa pada masa lalumu.”

“Masa lalu bukan untuk dilupakan, masa lalu ada untuk dijadikan pelajaran.”

Mata Bianca memerah, cahayanya yang bening tak lagi bersinar dari bola matanya, “Aku juga kecewa pada diriku sendiri, kenapa aku sulit membuatmu jatuh cinta kepadaku lalu melupakan mantanmu?”

Kevin tak tega menatap Bianca, naluri lelakinya keluar, selalu tak tega menatap wanita yang sedang menangis, “Sudahlah…” ucap Kevin perlahan. “Jangan menangis.”

“Kita akhiri saja semua kalau memang kamu masih memikirkan masa lalumu. Kita akhiri saja semua kalau memang kaulebih merindukan masa lalumu. Kita cukupkan sampai di sini, kalau masa lalumu lebih mampu untuk membahagiakanmu.”

“Maksudku bukan seperti itu, Sayang.” dengan nada sok manja, Kevin menarik lengan Bianca. “Maaf ya?”

“Percuma ada kata maaf jika kau tak mau berubah. Percuma ada kata maaf jika kauterus mengulang kesalahan yang sama. Kembalilah pada masa lalumu, aku juga tak membutuhkan orang sepertimu di masa depanku.” Cetus Bianca, meghempaskan lengan kevin dari lengannya.

Kevin tak menyangka bahwa wanita yang beberapa bulan ini disiksanya juga mampu menyiksanya dengan cara yang menyakitkan. Hukum karma ternyata berlaku, jika seseorang menyakiti hati orang, maka akan ada saatnya hatinya juga akan tersakiti. Kevin hanya mematung menatap Bianca, menatap punggungnya hilang dari pandangannya.

***

Jam waker melakukan tugasnya dengan baik, celotehnya yang berisik membangunkan Kevin yang masih saja terantuk di ujung kantuk. Dimatikannya jam waker itu, ditariknya lagi selimut yang sejak tadi malam menghangatkan tubuhnya. Matanya menatap jam dinding, sudah pukul tujuh pagi. Gerakan reflek, ia menatap handphone, tak ada pesan singkat dari Bianca. Tak ada suara ketukan pintu dari luar. Tak ada lagi wanita yang menyiapkan bubur ayam sebagai sarapan kesukannya. Tak ada sosok wanita yang meletakkan teh hangat di dekat tempat tidurnya. Tak ada lagi Bianca yang memerhatikan sosoknya. Ia merasa kesepian. Rasa membutuhkan dan perasaan akan kehilangan baru ia rasakan ketika ia telah kehilangan.

Kevin menghela napas. Ia menarik selimut untuk menghangatkan dadanya. Tubuhnya masih menggigil, demamnya tak juga turun. Entah sudah berapa lama hujan menari-nari tadi malam, hingga dinginnya masih saja menusuk tulang. Sosok Bianca yang ia harapkan tergopoh-gopoh membawa obat dan segelas air putih, tak kunjung menampakkan batang hidungnya. Hanya detak jam dinding yang mendesah perlahan kala itu.

Tak ada Bianca.

Kevin kembali menghela napas. Ia menarik selimut menutupi wajahnya. Ada gerimis kecil di matanya, gerimis itu bernama air mata.

55 comments:

  1. Kerenn mbak :') Bagus bangett.

    ReplyDelete
  2. sooo sweeet :'(
    kisahnya persis sama kayak yang aku alamin :'(
    tapi aku diposisi si cowok nya :'( yang menyesal di akhir :')

    ReplyDelete
  3. backgroundnya bagus, dari film up

    ReplyDelete
  4. weww, yah begitulah.. rasa dimana kita kehilangan. ketika kebiasaan itu sendiri hilang.

    ReplyDelete
  5. omg hampir nangis baca ini :') dalem banget awesome

    ReplyDelete
  6. bagus banget ceritanya 'jangan menyia-nyiakan orang yang sayang padamu pada saat ini, ketika ia pergi kelak kalian akan menyesal' :)

    ReplyDelete
  7. bener, masa lalu itu buat pelajaran, berjuang buat sekarang, dan berdoa untuk masa depan... :)

    ReplyDelete
  8. nice... :)
    masa lalu untuk pelajaran bukan untuk alat banding..

    ReplyDelete
  9. suka banget :'))) #sedikit merasakan, meski tak se "vulgar" itu cara menyakitinya :'(((

    ReplyDelete
  10. aaaa kenapa sama kaya yg aku alamin :( aku sbgai cewenya :'(

    ReplyDelete
  11. aku sukaaaaaaaaaaaaa ka :)

    ReplyDelete
  12. keren bgt :)
    sampai2 ada gerimis kecil jg dari mataku.

    ReplyDelete
  13. keren..ada beberapa helaan nafas untuk menghentikan gerimis kecil?
    cerita ini mengingatkanku akan kisahku .tak ingin terjebak akan pahit getirnya gerimis siang hari. .menyibak malam yang kelam .

    ReplyDelete
  14. aku promosiin linknya di twitter gapapa kan? pake nama @teenlovefeel ko :)

    ReplyDelete
  15. Yaampun keren banget ceritanya ◕ ‿ ◕ bikin terharu biru

    ReplyDelete
  16. keren ceritanyaa :)
    cowok yg kayak gitu emg seharusnya ditinggalin aja, biar tau rasa !

    ReplyDelete
  17. mau di buat film pendek untuk tugas sekolah boleh ? :o

    ReplyDelete
  18. keren banget kak, kata-katanya bermakna :)

    ReplyDelete
  19. Cerita ini bagus bgt dan dapat menjadi inspirasi bagi setiap pasangan untuk lebih menghargai pasangannya...

    ReplyDelete
  20. Daaan ini sesak sekali rasanya. Tabah sekali peran Bianca. Aku pernah ada di posisi Bianca saat itu, itu semua hampir membuatku menyerah, namun aku tetap tegar. Salut mbak, keren cerpennya. Aku tunggu cerpen-cerpen yg lain :')

    ReplyDelete
  21. bagus cerita nya --" Terharu jadi nya TwT

    ReplyDelete
  22. kasian ya. aku rasa dia laki laki yang kurang bersyukur-__-

    ReplyDelete
  23. aku berharap lelaki itu sadar akan segala kesalahnya ,walaupun mungkin wanita itu beda tapi sosoknya sangat perhatian :) ,suka banget persis banget :)

    ReplyDelete
  24. lumayan menyentuh hati dan memberi pelajaran untukku :)

    ReplyDelete
  25. lumayan menyentuh dan memberi pelajaran untukku. terimakasih ya :)

    ReplyDelete
  26. gak semua masa lalu itu akan sama dengan apa yg dia miliki sekarang :") ceritaanyaaaa :")nyees banget

    ReplyDelete
  27. kece, jempolan deh dwita (y)

    ReplyDelete
  28. Kece, jempolan deh dwita (y)

    ReplyDelete
  29. terharu, karna kayanya aku seperti si cowok itu perannya :')

    ReplyDelete
  30. ini keren, keren banget :')

    ReplyDelete
  31. Ini cerita bisa dijadikan pelajaran :')

    ReplyDelete
  32. Cerita ini bisa dibuat pelajaran untuk kita :')

    ReplyDelete
  33. bagus bangeet :'D buat yang kedua dong kak

    ReplyDelete
  34. Ini kisahnya hampir sama kaya yg aku alamin :") namun bukan mantan yang di bahas, melainkan teman curhatnya(wanita)

    ReplyDelete
  35. 2x baca, dan 2xnya nangis pas baca cerita ini :'(

    ReplyDelete
  36. nangis bacanya mbak :''''''

    ReplyDelete