03 August 2023

Curhat Bareng Dwitasari #1

Curhatan Dari Cewek N, usia 23 tahun.
Kak Dwita. Jujur aku udah lelah banget sama cowok kareba aku berkali kali disakitin. Aku harus gimana supaya bisa move on? Ditambah lagi, orangtua nyuruh aku cepet nikah.

 
Jawaban Kak Dwita:
Halo, Dear. Aku bersyukur dan seneng banget bisa ngobrol dan sharing bareng sama kamu. Sebelumnya, aku minta maaf, yah, kalau aku terlalu tegas dalam memberikan solusi buat kamu nanti. Well, yuk kita kupas dulu satu-satu masalah kamu.
 
Emang berat banget ya dek ngejalanin hubungan kayak gini. Saat kita udah sama-sama berjuang mati-matian tapi dari dianya nggak ada effort apa-apa. Terutama Ketika ada tuntutan dari orangtua yang pengen cepet kita nikah.
 
Tapi, semua udah terjadi, mau diputer ulang gabisa. Mau balik ke masa lalu juga nggak bisa. Depresi, capek, sakit hati, galau, semua jadi satu.
 
Sekarang apa yang harus kamu lakuin? Pertama, aku saranin banget maafin diri kamu sendiri dulu. Sebelum memutuskan untuk memaafkan orang lain, plis maafkan diri kamu dulu. Baru setelah itu, kita move on untuk memaafkan orang lain.
 
Yang kedua, aku minta tolong banget nggak usah mengulang memori tentang semua orang di masa lalu kamu. Even dia sudah bahagia dengan yang lain pun, plis, sekarang fokus aja sama hidup kamu yang sekarang. Kamu berhak bahagia. Kamu berhak melupakan orang yang nyakitin kamu. Kamu berhak lepas dari orang yang toxic dan menyakiti kamu berkali-kali.
 
Aku tau ini nggak mudah, tapi yuk kita mulai dari hal yang simple-simple dulu. Dimulai dari jangan nge-save nomor hp-nya lagi. Jangan cari tau kabarnya lagi. Jangan ngulang-ngulang memori yang lalu lagi. Emang, Dek. Melupakan itu nggak mudah, tapi bukan berarti nggak bisa loh. Kita mulai dari step kecil dulu yah. Mulai dari Langkah yang kecil.
 
Jangan mikir gue harus lupain dia sekarang. Jangn mikir gini. Pikirin dulu, gue harus menang, untuk hari ini aja. Untung hari ini aja, gue nggak mau mikirin dia. Untung hari ini aja, gue nggak mau nangis karena dia. Step by step, lama-lama bakalan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Waktu akan menyembuhkan luka hati kamu.
 
Mungkin nggak sekarang, tapi lama-lama pasti luka itu sembuh, karena obat luka hati kamu bukan dari orang lain. Tapi dari diri kita sendiri dek.
 
Aku juga mau nyaranin kamu supaya lebih kuat dan hebat lagi jadi perempuan. Karena ternyata, untuk jadi perempuan hebat itu cukup simple, Dek. Cari kesibukan yang membangun, cari hobi yang bikin kamu happy, lakuin segalanya yang bikin kamu bisa bernafas lega.
 
Jangan bikin diri kamu mengingat kembali luka hati itu. Inget, kamu berhak bahagia. Kamu berhak bersama seseorang yang mencintai kamu.
 
Terakhir dari aku, aku punya quotes yang semoga bisa membangun jati diri kamu ke depannya. 

Orang lain boleh menjatuhkan kamu, orang lain boleh menyakiti kamu, tapi buktikan pada mereka bahwa kamu akan jauh lebih bahagia walau tanpa mereka!
 

Terakhir, aku pengen bilang. Selalu kuat dalam pengharapan yah. Jangan pernah takut untuk jalan ke depan. Karena hidup kamu harus terus berjalan. Semangat, ya, Dear. 

***

Buat kamu yang pengen ikutan #CurhatBarengDwitasari bisa langsung chat curhatan kamu ke WA: 0822-610-22-388 atau langsung klik DI SINI

Curhatan kamu aman dan privasi kamu tersimpan rapat yah! Sengaja aku share di sini supaya membangun rasa percaya diri kamu sebagai perempuan. Yuk, kita saling menguatkan!

Baca curhatan lainnya DI SINI

No comments:

Post a Comment