14 December 2023

Cobaan menjelang pernikahan.

Ujian besar menjelang pernikahan emang luar biasa dan kadang nggak masuk akal. Tapi kalo kalian berdua bisa lewatin ini semua, ini udah jadi cerminan dari rumah tangga kalian kelak. Karena menjelang pernikahan, sifat asli pasangan kita makin keliatan.

Kalo dari sini udah keliatan toxic-nya, itulah gambaran kelak nanti di pernikahan. Kalo lo masih mau lanjut, silakan, tapi inget semua pilihan ada risikonya. Menikah itu memang seperti gambling. Tapi pasti, dari awal udah ke spill seperti apa sifatnya dia. Tinggal lo gambling pengen lanjutin nikah sama dia atau gak. Tapi saran dari gue, kalo sifat buruknya dan tabiat aslinya sudah terlihat, mendingan gausah denial dengan bilang “GUE BISA MENGUBAH DIA. DIA PASTI BERUBAH KETIKA NIKAH SAMA GUE.”

Gak, Sayangku. Lo nggak punya kewajiban buat mengubah dia, kewajiban lo justru lari jauh jauh kalo pasangan lo udah keliatan toxic-nya kayak gimana. Karena siapa lagi yang bisa menyelamatkan diri lo sendiri kalo bukan lo sendiri yang gerak. Inget, karakter orang itu baru bisa berubah cuma karena keinginan dia. Bukan karena dia nikah sama lo atau karena lo bisa mengubah dia. Kemampuan kita mengubah dia itu bisa jadi cuma 1 persennya, 99 persennya ya dari dorongan diri dia sendiri. 

Orang selingkuh bisa berubah karena keinginan dia, lo mau jungkir balik sampe gimanapun, kalo dia doyan selingkuh yaudah. Ga bakalan berubah. Liat, tuh, artis yang lagi heboh. Narkoba sampe tiga kali, anak istri semua cakep cakep cantik cantik, istri pinter nyari duit. KURANG APA HIDUPNYA TAPI MASIH NARKOBA? Ya, berarti pasangan bisa berubah kalo dia mau, gausah sok jadi pahlawan kesiangan yang berharap lo bisa mengubah dia. Lima tahun pertama itu pernikahan bak roller coaster, karena semua sifat asli pasangan kita keliatan, kembali ini semua udah ke spill dari masa-masa pacaran. 

Kalo lo siap jalan terus, ya, lo harus terima kalo nanti di pernikahan sifatnya makin buruk. Jangan takut menikah, takutlah kalo lo selalu memperjuangkan orang yang salah, takutlah kalo lo gamau lepasin dia karena merasa udah lama jalan bareng sama dia. Inget, Tuhan itu selalu ngasih pertanda, cuma kadang kita sebagai manusia terlalu denial. Gak ada kata terlambat untuk menemukan sosok yang tepat. 

No comments:

Post a Comment