Laman

4 September 2011

Cinta Dalam Rumitnya Dunia Maya

Reaksi: 
"Apakah cinta selalu membutuhkan PERJUMPAAN NYATA? Bisakah cinta hadir tanpa adanya PERJUMPAAN NYATA?"

Pernahkan kaliah jatuh cinta pada seseorang yang bahkan baru kalian kenal? Seseorang yang bahkan belum kalian ketahui wujud aslinya? Seseorang yang hanya bisa kalian nikmati senyumnya melalui benda dua dimensi bernama foto? Seseorang yang hanya kalian ketahui melalui tempat absurd yang bahkan selalu dianggap sebagai tempat berkumpulnya orang yang tak punya kerjaan... Jejaring sosial.

Jejaring sosial saat-saat ini berubah menjadi "dunia" yang bahkan terkesan sangat nyata. Seseorang bisa saling bertukar pendapat, bertukar pikiran, dan bersahabat, alasan tiga hal itu bisa dilakukan adalah karena mereka cocok, walaupun kecocokan itu hanya tercipta melalui dunia maya. Kecocokan dan perhatian kecil itulah yang bisa membuat seseorang jatuh cinta dengan teman dunia mayanya, jatuh cinta pada seseorang yang bahkan belum pernah mereka temui.

Siapa yang sangka? Siapa yang bisa menerka? Ketika cinta diam-diam merasuki perasaan seseorang, dengan cara yang berbeda-beda, dengan cara-cara aneh yang bahkan tak bisa dilogiskan oleh akal sehat. Memang, kadang cinta itu bersifat abnormal, menjauhi garis normal, dan mendekati garis yang tak logis. Tapi, ketidaknormalan itulah yang membuat cinta menjadi indah, kebodohan itulah yang membuat cinta terasa mengesankan.

Hanya karena status beberapa baris di facebook, hanya karena beberapa karakter tweet di twitter, dan hanya karena mahluk cerdas bernama handphone itu, seseorang bisa jatuh cinta? JELAS! Cinta bisa datang dengan cara yang unik, bahkan hanya melalui tulisan sekalipun, bahkan hanya melalui foto sekalipun. Jatuh cinta memang selalu indah bukan? Walaupun cinta dalam konteks ini adalah cinta yang tercipta melalui tekhnologi, cinta yang terbentuk melalui tulisan-tulisan lugu yang menghasilkan rindu.

Cinta tak selalu datang melalui tatapan mata, cinta tak selalu datang bahkan ketika kita mengetahui wujud asli seseorang. Cinta punya cara tersendiri untuk menyatukan seseorang, dengan cara yang logis atau bakan tak logis sekalipun, dengan dunia nyata atau bahkan dunia maya serumit apapun. Dengan adanya teknologi, dengan semakin cerdasnya seseorang mengungkapkan perasaannya melalui tulisan, maka cinta bisa mudah datang.

Dan, inilah satu pertanyaan simple bagi mereka yang jatuh cinta karena jejaring sosial: apakah mereka membutuhkan perjumpaan nyata?

50 komentar:

  1. tergantung kepribadian masing2, mbak. Klo aq c, utk mewujudkannya, tentu perlu.hhe
    Thx

    BalasHapus
  2. kayanya saya jatuh cinta sama penulis artikel ini,, :D

    BalasHapus
  3. copas boleh mbk? Makasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  4. aku mengenal pacarku sekarang juga melalui dunia maya dan bertemu hingga akhirnya kami bersatu :)

    BalasHapus
  5. sepertinya membutuhkan. karena rindu tidak akan terbayar sebelum mereka bertemu hehehe

    BalasHapus
  6. pernah ngerasain dan masih pengen ngerasain jatuh cinta dari dunia maya

    BalasHapus
  7. saya juga pernah ngerasain jatuh cinta sama teman dunia maya saya, hingga akhirnya kita jadian walaupun belum pernah ketemu sama sekali, namun hubungan itu tidak berlangsung lama :')

    BalasHapus
  8. perlu.
    karena pertemuan yang nyata itu dapat mendekatkan hati kita dengan dia dan menguatkan perasaan itu.

    kalau memang kita belum pernah ketemu dia secara langsung. berarti kita harus saling percaya. dan, jangan sampai kepercayaan itu pudar! :D

    BalasHapus
  9. izin copas ya mbak :)
    jujur saja saat ini saya sedang mengalami hal seperti itu mbak *malah jadi curhat* nice post mbak :)

    BalasHapus
  10. saya pernh jatuh cinta dri dunia maya hingga qt bertemu dan pcran 3 tahun, tpi syg semua hrus berakhir :).
    dan saat ini saya jatuh cinta kembaLi dgn ssorg, waLo smpai saat ini qt bLum ktemu..
    dan mnurut saya "pertemuan itu hrus, agar hati yg merindu bisa Lepas saat meLihat dy ada ddpn qt ddunia nyata".

    BalasHapus
  11. pernah tapi untungnya dapet yg ga jauh2 jaraknya .. hahaha

    BalasHapus
  12. Aku pernah mengalami cinta dumay, ga bertahan lama dan menyakitkan.

    Cocok di dumay blm tentu cocok di dunia nyata.

    BalasHapus
  13. "begitukah?" sambil tersenyum menatap cermin

    BalasHapus
  14. sebegitunya?apakah iya? #berpikir

    BalasHapus
  15. Pernah ngerasain satu setengah tahun pacaran maya, tapi endingnya putus baik-baik :) Cukup berkesan.

    BalasHapus
  16. izin copast mbk..karena aku pernah mengalaminya.:-)

    BalasHapus
  17. pernah ngalamin kaya hal diatas :')

    BalasHapus
  18. aku lagi ngerasain yang diatas kak :') aku banget :*

    BalasHapus
  19. saat uda berkomitmen serius, maka jawabannya butuh adanya pertemuan dan itu harus. udah puluhan kali ngalamin hal ini -_-

    BalasHapus
  20. dan kisah cinta di dunia maya skrg sya rasakan

    BalasHapus
  21. seperti yg banyak org blg... namanya jodoh gada yg tau kpn dtgnya atau dtg dgn cara yg seperti apa... dan siapa tau aja km bs ketemu sm jodoh kamu melalui perkenalan di dunia maya.. yg jelas mau dunia nyata atau dunia maya... asalkan niatnya baik.. pasti akhirnya jg akan baik... kaya aku sm pasanganku skrg... :)

    BalasHapus
  22. Sngt butuh. Untk prtama kalix sy ngalamin hal ini. Dan sy telah bertemu dengan 'dia' yg mjd cinta dunia maya sy ...

    BalasHapus
  23. Aku pernah ngalamin itu semua dan ngerasain cinta dunia maya. Kita bahkan sepakat mau bertemu, tp sayangnya Tuhan udah ngambil dia selamanya. Jadi perjumpaan nyata itu penting, karna ga selamanya seseorang bisa sama-sama terus bareng kita.

    BalasHapus
  24. Haha. Aneh memang. Rasanya separuh jiwa saya berkata "Kamu gila ya? Bagaimana bisa menyukai senja padahal blm pernah melihat keindahannya? Bagaimana bisa menyukai suatu lagu padahal belum mendengarkannya? Bagaimana bisa menyukai warna hijau padahal tak tahu warna hijau itu sepeti apa? Bagaimana bisa menyukai seseorang padahal belum pernah bertemu?" :') Dan sampai sekarang saya masih mencari jawabannya....

    BalasHapus
  25. gak logis meamng
    tapi itu memang ada..
    merasa sakit,merasa senang,merasa begitu nyata padahal sosoknya belum sama sekali terlihat secara nyata

    BalasHapus
  26. Aku loh jatuh cinta dengan org yg jaraknya puluhan ribu kilometer (':

    BalasHapus
  27. menurutku perlu, pertemuan itu guna memperlanjut hubungan dengan status yang lebih skaral ( red : pernikahan ) tentu mereka membutuhkan pertemuan nyata :)
    Jika kak Dwita mengetahui dunia Roleplayer/RP, kak Dwita akan tahu betapa banyaknya mereka yang saling jatuh cinta karena perhatian kecil lewat 140 karakter.

    BalasHapus
  28. kalo aku kebalikannya. dengan kakak angkatan di kampus. kenalannya di dunia nyata. kedekatannya bermula dari mention sederhana di dunia maya :') nice

    BalasHapus
  29. karna mencintai tak memiliki batasannya ^^

    BalasHapus
  30. aku pernah, dan itu sekarang :"
    butuhlah buat pertemuan nyata itu, biar tau..
    "INI LHO ORANG YANG BIKIN KAMU JATUH CINTA.. ini lho orang yang bikin kamu ketawa2 kecil saat baca bbmnya.. ini lho orang yang berbicara lewat udara setiap malem sama kamu.." :'D @dindanium

    BalasHapus
  31. butuh , karena disaat perjumpaan nyata , kebahagiaannya tak bisa di ucapkan dengan kata kata :D

    BalasHapus
  32. aku udh hampir 1 stngh ga pernah berjumpa dan perjumpaan sangat dibutuhkan! lagian cinta itu nyata knpa ga butuh perjumpaan nyata.. disaat hubungan "DUNIA TEKNOLOGI" itu memang di-serius-in perjumpaan nyata memang ditunggu -tunggu, dan menunggu perjumpaan itu sangat menyakit-kan :') tapi dikala akan berjumpa mungkin rasa sakit akan secara cepat menghilang :)

    BalasHapus
  33. BUTUH, waktu,keadaan dan tuhan yg tau pertemua itu bisa terwujud

    BalasHapus
  34. saya orang yang sudah menikah dan saya juga mengalami cinta dumai ini...
    saya pajang poto istri saya di poto sampul tapi anehnya si cewe ko ga mempermasalahkan itu dan ga peduli saya sudah menikah atau belum dan pengen ketemu langsung......
    disitulah saya mulai merasa bimbang

    BalasHapus
  35. dan ini yg sedang saya alami:')

    BalasHapus
  36. Wah post yang luar biasa Dwita. Terima kasih.
    Aku juga bener2 lagi ngejalanin hubungan rumit di dumay neh. Kisah kami kita kasih nama #Clamar (Clara & Marlon)..
    Jiaaah knapa gue iko curhat disini ya.. :D.

    Terima kasih dech, dah berbagi. Salam dumay.

    BalasHapus
  37. boleh share dong..., izin yaa... :) thank u sebelumnya

    BalasHapus
  38. nih juga aku lagi ngerasain disukain ma cowok asal lombok. aku suka sih tapi aku g brni blg SUKA atau yang lain,, takut kedepannya nnti aku nyakitin dy ato gak dy nyakitin aku

    BalasHapus